January 09, 2016

Mengenal Ganja dengan Benar dan Efek Bagi Kesehatan

Berdasarkan bahan asalnya narkoba terbagi dalam tiga golongan, yaitu golongan alami, semi sintesis, dan golongan sintesis. Ganja, opium, daun koka dan sejenis lainnya termasuk dalam narkoba jenis alami.
Daun Ganja Aceh/foto indodrugs
Narkoba alami yaitu jenis/obat yang timbul dari alam tanpa adanya proses fermentasi, isolasi atau proses produksi lainnya. 

Ganja adalah tumbuhan budidaya penghasil serat, namun lebih dikenal karena kandungan zat narkotika pada bijinya, tetrahidrokanabinol yang dapat membuat pemakainya mengalami euforia. Tanaman ganja biasanya dibuat menjadi rokok mariyuana.

Agar terhindar dari penyalahgunaan ganja, kenali ganja dengan benar berserta efeknya bagi kesehatan. Berikut penjelasannya:

Bentuk Daun Ganja
Daun ganja bentuknya memanjang, pinggirannya bergerigi, ujungnya lancip, urat daun memanjang di tengah pangkal hingga ujung, bila diraba bagian muka halus dan bagian belakang agak kasar. Jumlah helai daun ganja selalu ganjil, ada yang 5 helai, 7 sampai 9 helai.

Warna Daun Ganja
Daun ganja berbentuk hijau tua segar dan berubah coklat bila sudah lama dibiarkan.

Cara Penggunaan/Penyalahgunaan Daun Ganja
Daun ganja dihisap dari gulungan menyerupai rokok atau dapat juga dihisap dengan menggunakan pipa rokok. 
"Tren sekarang daun ganja diolah dalam berbagai bentuk makanan dan beredar dipasar-pasar". Maka, berhati-hatilah dalam membeli makanan agar keluarga terhindar dari zat THC dari ganja.
Daun Ganja Mengandung Zat THC
Daun ganja mengandung zat THC yaitu suatu zat penyebab terjadinya halunisasi. Getah yang kering disebut Hasish. Apabila dicairkan akan mendapat minyak yang dikenal dengan minyak kanabis (cannabis). 

THC adalah singkatan dari Tetra-Hydro-Cannabinol. Dalam THC terkandung zat psikoaktif yang berefek halusinasi dan terdapat dalam keseluruhan tanaman ganja, baik daunnya, rantingnya, ataupun bijinya. 

Maka setiap orang yang menyalahgunakan ganja akan terkena efek psikoaktif yang sangat membahayakan.

Efek Daun Ganja
Sedikitnya ada 8 efek berbahaya yang ditimbulkan bagi orang yang menghisap daun ganja, meliputi:
  1. Persepsi waktu dan pertimbangan intelektual maupun moral terganggu;
  2. Nafsu makan bertambah;
  3. Denyut jantung semaki cepat, temperatur badan menurun, mata merah;
  4. Daya tahan tubuh dalam menghadapi prolema jadi lemah;
  5. Malas dan apatis;
  6. Tidak peduli dan kehilangan semangat untuk belajar dan bekerja;
  7. Santai, tenang dan pikiran melayang-layang;
  8. Pikiran selalu rindu pada ganja;
  9. dll
Efek yang sangat paling buruk dar pemakaian ganja secara kronis dapat menyebabkan kanker paru-paru karena pengaruh tar pada ganja jauh lebih tinggi dari kadar tar pada tembau. 

Penggunaan ganja dalam jangka waktu panjang dapat menyebabkan ganguan kejiwaan, bahkan ada yang gila. Orang yang mengkonsumsi ganja berpotensi mengkonsumsi narkotika jenis lainnya, seperti heroin, dan lain-lain. SAY NO TO DRUGS.!!

Referensi:
1. UU No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika
2. Buku Pencegahan P4GN

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon